50+ Peluang Untuk Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

Mahasiswa Indonesia adalah mahasiswa yang mandiri. Mereka tidak lagi mau bergantung pada uang yang diberikan oleh orang tua-nya karena mereka punya gengsi yang tinggi.

Untuk anda semua, mahasiswa yang memiliki gengsi setinggi Burj Khalifa, menerima uang saku dari orang tua adalah hal yang memalukan. Anda pasti ingin memiliki pendapatan sendiri.

Tapi tidak semua dari kita tahu bagaimana caranya.

Anda mungkin ingin berbisnis sehingga bisa mendapatkan bulanan sebagai tambahan uang saku dari papah dan mamah.

Tapi bisnis apa?

Mungkin daftar berikut bisa memberikan inspirasi untuk anda memulai bisnis.

1. Privat SD, SMP, SMA

Anda punya basic yang bagus karena tentu jenjang pendidikan tersebut sudah pernah terlewati. Anda tinggal hanya sedikit mengulang saja pengetahuan yang sudah ada itu. Menggunakan google sebagai alat bantu juga bukan hal yang ilegal.

2. Bimbel Teman Kuliah

Anda adalah mahasiswa cerdas yang menguasai satu atau dua mata kuliah (atau mungkin seluruhnya). Hal ini bisa dimanfaatkan menjadi uang. Akan ada mahasiswa yang mencari bantuan anda untuk mendongkrak IP yang stabil.

3. Jasa Skripsi, Makalah dan Laporan

Tidak semua orang bisa membuat karya tulis sesuai standar. Manfaatkan celah ini sebagai bidang usaha. Menuliskan seluruh karya tulis untuk orang lain adalah hal yang dilarang. Jangan pernah lakukan itu!

Yang harus anda lakukan hanyalah mengedit dan memformat karya tulis ilmiah mereka sehingga hasil karya tulis ilmiah mereka menjadi sesuai dengan ketentuannya.  Nah, dari mengedit inilah Anda akan menerima bayaran.

4. Jasa Pengetikan

Siapa sangka di era millenium seperti sekarang masih ada yang tidak cukup cakap untuk mengetik? Tapi orang-orang seperti itu memang masih ada. Mungkin keberadaan mereka di bumi ini adalah sebagai ladang uang bagi anda yang bisa memanfaatkannya.

5. Jasa Printing

Printer bukanlah barang mahal memang. Tapi itu tidak berarti semua orang punya alat ini. Tentunya semua mahasiswa akan membutuhkan alat ini.

Jadi tak ada salahnya anda mengeluarkan modal untu membeli printer dan menawarkan jasa printing kepada teman-teman seperjuangan.

6. Jualan Pulsa

Klasik. Tapi tak pernah mati.

Bisnis ini terhitung mudah dan murah. Anda hanya membutuhkan handphone (pasti sudah punya) dan modal seratus ribu atau dua ratus ribu untuk deposit.

Tapi resikonya adalah banyak pembeli yang akan mengutang terlebih dahulu dan baru membayarnya setelah uang jajan ditransfer.

7. Jual Barang Bekas

Harga barang bekas yang nyatanya lebih murah dari barang baru tapi dengan kualitas yang tak jauh berbeda, membuat banyak orang tertarik membelinya. Terlebih para mahasiswa perantau dengan uang terbatas. Manfaatkanlah kesempatan ini.

Anda bisa mendapatkan beberapa barang bekas dari internet. Jika anda memiliki waktu yang cukup, anda juga bisa main ke pasar loak di beberapa daerah.

Hanya saja anda memang harus jeli memilih barang. Anda bisa sangat beruntung mendapatkan barang dengan kualitas lumayan atau apes karena mendapat barang yang jelek.

8. Bisnis Musik

Untuk anda yang punya bakat di dunia musik, bentuklah band atau grup musik. Carilah job untuk mengisi kafe.

Selain mendapatkan uang dari hasil manggung, ini juga bisa jadi ajang untuk mengasah kemampuan bermusik anda. Siapa tahu, ada produser yang tak sengaja melirik anda dan mau mengorbitkan grup musik anda.

9. Kelompok Pertunjukkan Seni

Bisa menari, teater atau mungkin debus? Ajak teman-teman anda membentuk kelompok pertunjukkan seni apapun.

Acara-acara seperti khitanan, perkawinan bahkan hari jadi daerah anda akan jadi panggung mencetak lembaran uang lewat penampilan grup seni anda.

10. Jasa Servis Laptop

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya anda harus memiliki keterampilan dalam permasalahan hardware dan software komputer.   Anda juga memerlukan beberapa alat perbaikan seperti obeng dan tang untuk membongkar hardware komputer.

Bila ternyata kemampuan anda dalam teknologi komputer kurang memadai, anda bisa meneruskan pekerjaan itu kepada orang lain yang lebih kompeten.  Ingatlah, anda tetap harus belajar.  Jadi bergurulah kepada orang yang anda serahkan pekerjaan anda kepadanya.

11.  Jasa Penerjemah

Jika anda menguasai bahasa asing (setidak-tidaknya Inggris), menerjemahkan dokumen dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya bisa menjadi peluang bisnis.

Ada banyak buku dan literatur yang biasanya dijadikan referensi mahasiswa ditulis dalam bahasa Inggris.  Di situlah kesempatan anda menawarkan kemampuan anda.

12. Jasa Foto dan Video

Mahasiswa umumnya suka mengabadikan momen indah mereka dalam foto dan tentunya anda bisa menghasilkan uang jika anda adalah fotografer yang handal.

Merekam acara kampus dalam rekaman video dan menjualnya untuk sejumlah uang juga bukan ide yang buruk.

13. Jasa Penulis

Jika kemampuan anda mengolah kata-kata menjadi tulisan cukup bagus, maka anda bisa mencoba menjadi penulis lepas.  Anda bisa mempromosikan hasil tulisan anda di sosial media ataupun forum diskusi.

Calon klien akan menilai tulisan anda, apakah berkualitas atau tidak.  Tentunya, klien (pemilik website) hanya akan memilih artikel yang berkualitas sehingga bisa menaikkan traffic website mereka.

14. Jasa Desain Grafis

Yang anda butuhkan hanyalah software untuk desain (seperti photoshop atau gimp) dan kemampuan menggunakannnya tentu.

Desain grafis ini banyak dibutuhkan orang, terlebih mereka yang menyukai seni dan desain.  Jasa ini biasanya mengerjakan edit foto, desain logo perusahaan dan sebagainya.

15. Bisnis T-Shirt

Anda bisa menggabungkan ide usaha desain grafis di atas dengan bisnis T-Shirt.  Yang harus anda lakukan hanyalah membuat desain kaos yang keren untuk dijual.

Untuk urusan sablon, anda bisa melakukannya sendiri karena proses sablon itu cukup mudah.  Atau pilihan yang kedua anda menyablonnya di tempat sablon tentu ini akan menambah biaya operasional usaha.

16. Jasa Training Personal

Jika anda punya tubuh yang atletis bak Cristiano Ronaldo, tentu banyak teman anda yang ingin punya tubuh yang sama idealnya.  Motivasi mereka ini bisa anda jadikan uang!

Mulailah memberi konsultasi kepada teman-teman Anda dan ajak mereka berlatih bersama.  Gunakanlah gelanggang olahraga milik kampus untuk menekan biaya operasional.

17. Membuat Toko Online

Banyak cara untuk berjualan di internet, melalui sosial media ataupun website.  Tentunya jika menggunakan website dengan tampilan yang elegan akan menambah kepercayaan calon pembeli kepada kita.

Barang yang akan dijual tentunya terserah anda.  Anda bisa menggunakan sistem reseller atau dropship untuk menjalankan toko online anda.

18. Jasa Pembuatan Website

Banyak lembaga yang membutuhkan web yang baik untuk merepresentasikan eksistensi mereka.  Di sinilah peluang anda mengambil keuntungan.

Keahlian dalam mengolah program PhP, MySql, shtml, dhtml, perl dan pengetahuan mengenai server programming mutlak diperlukan untuk menjalankan usaha ini.

19. Penitipan dan Perawatan Hewan

Untuk Anda yang menyukai hewan, bisnis ini patut dicoba.  Tak jarang pemilik hewan peliharaan malas untuk memandikan dan membersihkan binatang peliharaan mereka.  Tawarkanlah tenaga Anda pada mereka untuk penghasilan Anda.

20. Tour  Guide

Hobi nge-bolang? Tahu persis spot-spot wisata ciamik di sekitar Anda?  Mungkin menjadi tour guide akan cocok bagi Anda.

Targetnya tak perlu turis asing.  Teman-teman Anda yang penat dengan kegiatan perkuliahan mungkin akan menjadi pangsa pasar yang tepat bagi Anda.

21. Menyusun Catatan Kuliah

Walaupun kegiatan perkuliahan sekarang sudah canggih, namun ada saja dosen kudet yang menyuruh mahasiswa mengumpulkan catatan kuliah untuk mendapatkan nilai.  Dan tentunya tidak semua mahasiswa di semesta kampus serajin Anda. Ada saja mereka yang tidak pernah mencatat materi dari dosen.

Di sinilah kesempatan Anda.  Pungutlah uang dari pemalas-pemalas itu untuk jasa Anda menuliskan catatan kuliah dengan lengkap dan rapi di buku mereka, sehingga mereka bisa mendapat tambahan nilai.

22. Monetisasi Blog

Menghasilkan uang dari blog atau monetize blog a.k.a monetisasi blog boleh menjadi ide usaha anda berikutnya.

Anda bisa menghasilkan uang dengan program afiliasi, menawarkan ruang iklan di blog anda, memasarkan produk atau munkin menulis review untuk pihak lain.

23.  Monetasi Youtube

Selain lewat blog, anda juga bisa menghasilkan lembaran uang dengan akun Youtube anda.  Me-monetisasi akun youtube anda berarti menjadikan video unggahan anda diselipi iklan.  Dari iklan-iklan itulah anda akan mendapatkan uang.

Youtube akan membayar video (yang sudah monetized) sebesar $1 per 1000 views.  Walaupun bayaran itu bergantung pada berapa lama iklan itu dilihat.  Harganya akan berbeda jika audience men-skip iklan di awal.

Nah, sekarang tinggal bagaimana anda harus menghadirkan tontonan menarik di akun anda agar mendongkrak views dan tentunya menambah penghasilan yang akan anda terima.

24. Jual Aplikasi Game

Bisnis ini bisa anda jalankan bila anda memiliki banyak koleksi game baik game android maupun PC.  Semakin banyak koleksi game anda, pelanggan akan memiliki banyak pilihan pula.

25. Jual E-Book

Berkembangnya zaman membuat metode mencari ilmu juga ikut maju.  Sekarang banyak buku-buku yang dijual dalam bentuk softcopy-nya agar lebih mudah dibuka di gadget.

Anda bisa mulai menjual buku yang dikarang orang lain (tentunya dengan berbagai kesepakatan dengan authornya) atau lebih baik lagi jika anda menulisnya sendiri. Anda bisa mencoba membuat e-book tentang novel atau bidang yang anda kuasai.

26. Dropship

Menjadi dropshipper berarti anda menjual barang milik orang lain dengan mengatasnamakan anda sebagai penjualnya.  Dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang sebagai persediaan, sehingga modal yang diperlukan terbilang minim.

Namun, dropshipper tidak memiliki kendali atas stock.  Jadi anda harus rajin-rajin mengecek ketersediaan barang kepada supplier.  Selain itu, dalam bisnis ini, nama anda-lah yang dipertaruhkan.  Apabila supplier melakukan wanprestasi maka anda yang akan menerima imbasnya.

27. Reseller

Berbeda dengan dropship, dalam sistem reseller anda diharuskan membeli beberapa barang dari supplier untuk persediaan.  Sehingga anda harus mengeluarkan uang untuk menyediakan stock barang.

Keuntungan dari menjadi supplier jika dibandingkan dengan dropship, supplier memiliki kekuasaan penuh atas persediaan barang.  Selain itu anda juga bisa memastikan kualitas barang yang sampai ke konsumen, dengan begitu citra anda akan terjaga.

28. Rental PS

Berbekal minimal PS 2, anda dapat memulai usaha ini.  Proses pengelolaan bisnis ini terbilang cukup mudah.  Anda bisa menyewakannya per-jam.

Membuka rental PS menjadi alternatif yang baik bagi anda yang ingin memulai usaha dengan modal yang kecil.

29. Rental Komputer

Mahasiswa dan tugas adalah yin dan yang.  Tak terpisahkan.  Maka komputer menjadi benda akrab bagi mahasiswa.

Anda tentunya tak boleh melewatkan peluang usaha dalam tumpukan tugas mahasiswa ini.  Anda juga bisa menambah nilai jual usaha dengan jasa ketik dan cetak.

30. Jasa Transportasi

Anda berangkat ke kampus dengan kendaraan? Mungkin anda harus menambah nilai guna dari kendaraan anda dengan menjadikannya sumber uang anda.  Membuka jasa transportasi bukanlah hal yang sulit.

Atau jika anda ingin lebih mudah lagi, anda bisa saja mendaftar sebagai driver ojek online yang sedang menjamur sekarang.  Yang anda butuhkan hanyalah motor, STNK dan tentunya SIM.

31.  Jasa Pengiriman Lokal

Anda bisa bergabung menjadi agen JNE atau jasa ekspedisi lainnya.  Tentu syarat dan ketentuannya tergantung jasa ekspedisi mana yang anda ikuti.

Atau opsi kedua, anda bisa menjadi kurir sendiri.  Tawarkan jasa dengan jarak pengiriman paling jauh dalam kota.  Ingat, bisnis anda tidak boleh membuat kuliah anda terabaikan.

32. Bisnis Butik Online

Minat dan keterampilan anda dalam dunia fashion harus dimanfaatkan untuk menambah uang saku anda.  Mulailah menjual beberapa item fashion secara online.

Untuk menambah pelayanan terhadap pelanggan anda, nantinya anda juga dapat memberikan jasa fashion assistance pada pelanggan.

33. Lowongan Kerja

Para mahasiswa semester atas yang sudah bersiap meninggalkan kampus tentunya sibuk mencari informasi tentang lowongan kerja yang siap mereka lamar setelah ijazah di tangan.

Dari situlah peluang anda mencetak uang.  Anda hanya perlu mengumpulkan informasi tentang lowongan pekerjaan dari sejumlah perusahaan dan menjual informasinya kepada teman-teman anda.  Link atau kenalan menjadi mutlak dibutuhkan untuk memperlancar usaha.

34. Career-Counseling

Jasa loker saja terlalu mainstream untuk dijalankan.  Anda harus menambah nilai jual anda.  Menjadi career-counselor cukup menjanjikan untuk menunjang usaha loker anda.

Anda bisa menjadi penghubung antara penyedia loker dengan calon pelamar di bursa kerja kampus.  Cari tahu kriteria seperti apa saja yang dibutuhkan oleh penyedia loker dari calon pelamarnya.  Dan bocorkan rahasia ini pada pelanggan anda.

35. Menjajakan Makanan di Kampus

Ini termasuk cara tradisional untuk menghasilkan uang di kampus.  Namun bukan berarti bisnis ini tertinggal jaman.

Makanan menjadi kebutuhan dasar manusia.  Dan ada saja mahasiswa yang terlalu menyayangi tenaganya untuk pergi ke kantin yang agak jauh letaknya dari kelasnya.  Maka anda bisa menjual makanan dari kelas ke kelas.

36. Membuka Kafe

Modalnya memang agak besar karena anda harus memikirkan tempat usaha juga.  Tapi membuka kafe untuk tempat nongkrong mahasiswa tak pernah jadi ide buruk.

Soal modal, mungkin anda bisa melakukan joint venture dengan teman-teman anda dan menjadikan kafe ini sebagai tempat usaha bersama.

Jangan lupa pasang hotspot wi-fi di kafe anda agar para pengunjung betah berlama-lama berada di sana dan menaikkan pemasukan.

37. Catering di Kosan

Perantau tahu betul sulitnya hidup di daerah orang.  Menyiapkan makanan sendiri menjadi salah satu job desk mereka.  Namun tentunya tak semua perantau bisa atau mau memasak.

Mereka butuh “bantuan” anda sebagai pengusaha.  Bukalah usaha katering yang menawarkan menu lengkap makan pagi, siang dan malam dengan harga yang terjangkau uang bulanan.

38. Laundry

Lagi-lagi anak kosan menjadi pangsa pasar yang besar bagi anda.

Laundry adalah salah satu kebutuhan yang saat ini paling dicari oleh anak kos.  Pasanglah tarif yang kompetitif agar para anak kos ini mau menggunakan jasa anda.

39. Pembersih Kos

Kehidupan mahasiswa yang sering tenggelam dalam lautan tugas biasanya membuat mereka tak punya waktu untuk membersihkan kos-nya sendiri.

Tawarkanlah jasa anda untuk sekadar menyapu, mengepel dan merapikan tempat tinggal mereka.

40.  Jual-Beli dan Simpan-Pinjam Buku Bekas

Buku menjadi simbol dari kaum akademisi.  Mahasiswa tentunya butuh referensi yang mendukung proses perkuliahannya.  Apabila perpustakaan kampus tidak lengkap, maka anda bisa menawarkan solusinya dengan membuka usaha buku bekas.

Anda bisa membeli buku bekas dari para senior yang sudah lulus dan mungkin buku-buku itu tak lagi diperlukan oleh mereka.  Atau sekarang juga sudah banyak pedagang loak yang menjual buku yang masih layak baca.

41. Investasi

Bila anda memiliki dana yang menganggur, anda boleh mencoba untuk meng-investasikan dana itu agar lebih bermanfaat.  Tentunya investasi memiliki resikonya sendiri.

Namun jika anda menginginkan investasi yang lebih aman dan tak bermodal banyak, anda bisa mencoba investasi emas.  Karena nilai emas yang cenderung naik.  Tapi anda harus bersabar untuk bisa meneguk hasilnya.

42. Jasa Guide untuk International Student

Di kampus anda menerima mahasiswa asing dari pertukaran pelajar?  Anda mengerti bahasa ibu-nya?  Tawarkan diri anda menjadi guide untuknya!

Anda bisa berbagi ilmu dengannya, mengajarinya bahasa lokal,  budaya lokal ataupun kuliner khas daerah.  Buatlah masa-masa pertukaran yang dihabiskan di sini menjadi berkesan untuknya.

43. Baby Sitting

Apabila anda bisa mengurus dan menjaga bayi, usaha ini bisa anda pertimbangkan.  Menjadi baby sitter sudah lama menjadi pekerjaan para mahasiswa di luar negeri sana.  Tak salah kan jika anda mencoba menawarkan jasa anda di sini?

44. Event Planning

Menjadi event planner membutuhkan kehandalan anda dalam mengatur sebuah acara.  Mulailah dengan acara-acara kecil seperti seminar atau sebagainya.

45.  Mengatur Webinars

Webinars menjadi trend tersendiri belakangan ini di kalangan akademisi.  Pasalnya, peserta seminar bisa mengikuti ceramah dari narasumber walaupun jarak di antar mereka sangat jauh melalui internet.

Selain menuntut anda untuk menyiapkan narasumber dan calon aundience-nya, anda juga diharuskan mempersiapkan koneksi internet yang memadai untuk melakukan webinars.

46. Menjadi MC

Apabila anda dianugerahi dengan kemampuan komunikasi yang baik, anda harus memanfaatkan anugerah itu.  Belajarlah menjadi master of ceremony di beberapa acara.

Nantinya apabila anda sudah mahir -dan banyak orang yang tahu kecakapan anda-, akan banyak panggilan menjadi MC untuk anda.  Tentunya panggilan itu tidaklah gratis, anda akan dibayar untuk setiap acara yang anda pandu.

47. Menjahit

Punya kemampuan untuk menjahit atau memperbaiki beberapa pakaian yang rusak? Tawarkanlah kemampuan anda ini kepada teman-teman anda!

48. Berkebun

Jika anda suka berkebun, menanam ataupun mendekorasi taman maka orang akan membutuhkan anda.  Akan banyak orang yang tak keberatan membayar jasa anda untuk membuat taman mereka indah.

49. Property Finding Service

Anda bisa menawarkan jasa menemukan tempat tinggal kepada teman anda.  Cari tahu letak kosan atau asrama yang dekat dengan kampus.  Buatlah daftarnya, kemudian tawarkan daftar itu beserta harganya kepada teman anda.

50. Menjadi Agen Perjalanan

Sekarang banyak usaha agen perjalanan menjamur.  Mendaftar menjadi salah satu agen boleh menjadi opsi anda untuk menghasilkan uang.

Cara pendaftaran dan sistemnya pun cukup mudah.  Hampir sama seperti menjual pulsa elektrik dimana anda harus menyediakan deposit di rekening anda.

51. Mengikuti Survei Online

Banyak perusahaan yang mengevaluasi kinerja dan produk mereka melalui survei online.  Daftarkan diri anda di salah satu website survey dan jawablah survei untuk mereka dan anda akan mendapat bayaran untuk suara anda.

52. Online Representative Officer

Media sosial menjadi kehidupan lain yang sekarang dijalani.  Tak ayal banyak perusahaan yang menjadikan medsos sebagai sarana untuk iklan ataupun membangun komunikasi dengan konsumen.

Maka perusahaan membutuhkan mereka yang bersedia menjadi online representative a.k.a mimin. Anda bisa melamar menjadi mimin dan mendapatkan bayaran untuk itu.

 

Itulah berbagai ide untuk menghasilkan uang bagi mahasiwa.  Menjadi mahasiswa tidak berarti anda harus terkungkung di antara tugas dan tugas.

Jadilah collegepreneur yang mampu melatih kemampuan berwirausaha tanpa harus membuat kuliah terbengkalai.  Nantinya setelah anda lulus, tak perlu menjadi job seeker karena nyatanya anda adalah job creator.

Bagaimana? Tertarik mencoba salah satunya?

 

 

 

 

 

1 Comment

  1. Lengkap banget Mas, opsi bisnisnya. Kayanya jasa pengetikan dan printing lbh menguntungkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *