5 Cara Mudah bisnis tanpa modal dan Bagaimana memulainya

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan seseorang untuk memulai sebuah usaha adalah berapa modal yang dibutuhkan. Selama ini kita terlalu terpaku bahwa modal haruslah berbentuk uang.

Bila kita mengulik kata “modal” dalam KBBI mengacu pada barang yang digunakan sebagai dasar atau bekal untuk bekerja. Ini berarti, modal tidaklah harus melulu tentang uang.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari kata modal, sekarang mari kita satukan persepsi bahwasanya modal adalah segala sesuatu yang dapat kita manfaatkan untuk meraih keuntungan baik berupa materiil maupun non-materiil.

Jadi sebenarnya, tidak ada bisnis yang tidak memerlukan modal. Yang ada, adalah bisnis yang tidak memerlukan modal uang, seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Peluang usaha tanpa modal

1. Penulis Lepas

Ketertarikan pada dunia tulis-menulis sejak dulu memang cukup menjanjikan untuk diuangkan. Dengan perkembangan jaman, kini banyak penulis konten yang dibutuhkan dan anda dapat menyalurkan keahlian itu sebagai sumber pendapatan anda.

Topik dari artikelnya biasanya ditentukan oleh klien anda.  Bayaran yang diterima amatlah bergantung dengan kualitas artikel yang anda buat dan tentunya kesepakatan dengan klien.

2. Guru Les Privat

Dalam memulai usaha jasa menjadi guru les privat ini tidak membutuhkan banyak persiapan.  Hanya butuh penyesuaian dan sedikit belajar dari buku-buku mata pelajaran tingkat SD atau SMP.  Tentunya semakin tinggi jenjang pendidikan muridnya, anda harus lebih menguasai materi pembelajarannya karena mereka akan semakin kritis.

Tapi anda tak perlu takut, sekarang Google sudah hadir dan siap membantu anda belajar lagi pelajaran yang dulu pernah anda pelajari.

3. Dropship

Dropship adalah sebuah sistem penjualan sebuah produk secara online dimana si pengecer tidak harus membeli produk kepada pemilik barang untuk stok, namun langsung menjual barang tetapi produk tersebut dikirimkan oleh pemilik barang langsung kepada pembeli dengan atas nama si pengecer.

Sistem dropship lebih mudah dibanding reseller, dimana reseller harus membeli produk kepada supplier untuk stok, kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang.

Yang perlu dilakukan oleh seorang dropshiper atau pengecer hanyalah menjual produk secara online melalui media sosial atau forum jual beli.

4. Subtitler atau Jasa Alih Bahasa

Gempuran film-film asing yang booming di negeri ini bisa jadi ladang usaha baru anda.  Jika anda memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, jasa subtitler patut untuk dicoba.  Kepingan DVD film (baik ori maupun non-ori) biasanya datang ke Indonesia dalam keadaan masih tanpa subtitle bahasa Indonesia. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

Yang anda butuhkan tentunya film atau konten yang akan diberi subtitle dan perangkat lunak untuk membuat substitle.  Perangkat lunak yang anda butuhkan banyak tersedia gratis di internet. anda juga harus pintar-pintar menyerasikan kalimat dalam scene.  Tarifnya bergantung pada durasi film yang di-subtitle-kan.

5. Jasa Desain Grafis

Di dunia usaha, permintaan terhadap layanan jasa desain grafis semakin meluas.  Jasa ini memang memiliki manfaat yang luas terutama dalam membantu proses pemasaran sebuah produk dan usaha.  Sentuhan desain grafis menjadikan komunikasi bisnis berjalan dengan lebih optimal.

Kemampuan mendesain ini bisa dipelajari sendiri atau dari buku-buku yang bertemakan desain grafis.  Beberapa jasa yang bisa anda tawarkan antara lain desain banner, kartu nama, undangan, dsb.  anda hanya harus memiliki dan tentunya menguasai software pendukung untuk menjalankan bisnis ini seperti photoshop.

Memulai Usaha Tanpa Modal Uang

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk memulai usaha bila kita tidak mempunyai uang untuk modal usaha kita.  Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1. Gali Potensi Diri

Bisnis yang akan anda lakukan adalah bisnis tanpa modal uang.  Itu artinya, anda harus memutar otak untuk menghasilkan sesuatu tanpa sepeser pun uang yang boleh keluar dari kantong anda.

Karena itu anda harus mengenali kelebihan apa yang anda punya dan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Misalnya, anda mempunyai bakat di bidang desain grafis, maka anda bisa menjual kemampuan itu kepada orang lain.  Atau mungkin anda merasa mempunyai kesabaran dan kemampuan untuk mengajar anak-anak Sekolah Dasar maka anda bisa mencoba untuk membuka les private.

2. Catat ‘Modal’ anda

Buatlah catatan yang mendetail tentang apa yang sudah anda miliki sekarang dan bisa anda manfaatkan untuk memulai bisnis anda yang sudah ditentukan tadi.  Jika perlu, ambil secarik kertas dan mulai tuliskan apa saja yang menjadi modal bisnis anda.

Pikirkanlah manfaat dari barang yang sudah anda miliki, misalnya laptop yang selama ini anda gunakan untuk mengetik tugas bisa anda tambahkan nilai gunanya.  Atau bahkan, akun-akun media sosial anda juga bisa masukkan sebagai modal usaha untuk media promosi dan lainnya.  Kenalan anda yang sekiranya punya kemampuan untuk membantu bisnis anda juga harus anda masukkan ke dalam daftar tersebut.

3. Persiapkan Mental Tingkat Dewa

Kenapa hal ini jadi penting?  Ketika anda mencoba sebuah usaha tentulah penting untuk menyiapkan mental anda menjadi tahan banting.  Terlebih ketika anda memilih mengandalkan kemampuan anda sebagai sumber pendapatan.  Akan banyak hal yang nantinya anda hadapi.

Sikap anda yang tiba-tiba berubah inilah yang mungkin akan menimbulkan cibiran dari beberapa orang.  Seperti saat anda mencoba mempromosikan usaha anda di media sosial, akan ada saja orang yang tidak menyukai perilaku anda itu.  Ketika hal itu terjadi pasanglah mental baja anda untuk menghadapi makhluk-makhluk seperti itu.

4. Eksekusi!

Setelah langkah 1 sampai 3 telah anda lakukan, maka anda telah siap untuk mengeksekusi rencana bisnis anda.  Inilah langkah terberat dalam membangun bisnis anda.  Akan ada saja hambatan yang merintangi antara anda dengan tujuan.  Maka bersabar dan teruslah berjuang.

Hal yang terpenting ketika mengeksekusi adalah jangan mengharapkan terlalu banyak keuntungan dulu di awal.  Ingatlah bahwa dalam bisnis ini anda bahkan tidak mengeluarkan modal dari saku anda, jadi sedikit saja pendapatan yang anda terima itu sudah terhitung untung.  Maka jangan langsung mengharapkan keuntungan yang besar, sedikit keuntungan yang kontinyu jauh lebih baik

5. Kembangkan Usaha Anda

Setelah usaha anda berkembang dan terlihat meyakinkan, anda harus mulai berpikir untuk menanamkan modal demi kemajuan usaha anda.  Sehingga nantinya bisnis yang anda geluti dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.  Relakanlah sedikit keuntungan yang sudah didapat untuk mengembangkan usaha anda.

Itulah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menjalankan bisnis tanpa modal. Tentu saja, masih ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan yang belum tertulis disini. Jika anda tahu salah satunya, jangan sungkan untuk menambahkannya di komentar.

Selamat mencoba :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *