10 Tips aman Belanja Online di Internet

Saat ini mungkin banyak orang terkena tipu saat transaksi jual beli online. Mungki jika tertipu dengan nominal uang yang sedikit, kita bisa bersabar dan mengamal atau ikhlas, tetapi kalau tertipu dengan nominal yang besar, mungkin anda tidak bisa mengamalkan nominal anda tetapi masih mempunyai rasa kecewa dan marah.
Aman Belanja Online

Bagi anda yang belum pernah beli sesuatu melalui online, mungkin anda harus mengetahui tips tips bagaimana cara agar tidak tertipu dan proses beli online berjalan dengan lancar. Dibawah ini adalah 10 tips belanja online yang harus anda ketahui sebelum melakukan transaksi online.

1. Cek Website

Sebelum melakukan pemilihan barang, check dulu pada website tersebut. Apakah website tersebut selalu update? Atau tidak terawat? Jika sepertinya jarang update, lebih baik cari website lain.

2. Kontak harus dapat dihubungi atau aktif

Biasanya, dalam penjualan online pasti tertera Contact person dari penjual yang menjual barang tersebut. Check terlebih dahulu nomor HP / PIN BB sehingga dapat berkomunikasi dan dapat dihubungi, jika perlu anda tanyakan alamat rumah atau alamat toko penjual.

3. Berkomunikasi dengan Penjual

Berkomunikasi sebelum melakukan transaksi online mungkin perlu dilakukan oleh seorang pembeli. Biasanya, ada penjual yang PHP juga. Jadi, dalam berkomunikasi, anda juga dapat bertanya Tanya dengan kondisi barang yang akan anda beli, tawar menawar jika perlu, menanyakan ongkir, dan lain lain.

4. Tanyakan informasi Barang yang akan anda Beli

Menanyakan kondisi, minus, cacat dari barang itu harus, supaya kita tidak kecewa saat melihat barang aslinya.

5. Check Register Toko Online

Caranya anda buka link who.is, lalu masukan alamat web penjual. Who.is akan menampilkan informasi tentang pemilik web tersebut.

6. Pembayaran usahakan via Rekening dan jangan via pulsa

Semua pembayaran harus berhati-hati, gunakan dengan benar dan teliti saat bertransaksi.

7. Simpan Bukti Transaksi

Setelah benar deal dan sudah anda transaksi, kirim bukti transaksi ke penjual. Dan minta barang untuk cepat dikirim. Jika banyak alas an dan ditunda tunda biasanya ada apa apa. Jadi anda harus siap untuk mencatat identitas penjual sebelum di blocked.

8. Minta Bukti Pengiriman Barang

Setelah dikirim, mintalah bukti pengiriman barang seperti nomor resi pengiriman.

9. Tunggu Barang Sampai dirumah

10. Barang Sampai Dirumah

Jika barang sudah sampai dirumah, kontaklah si penjual dan berikan testimoni karena penjual aman untuk bertransaksi.

1 Comment

  1. Tipsnya membantu ane yang ingin belanja online. Apalagi bagi yang jarang dan belum pernah. Walaupun harga yang ditawarkan toko online itu menggiurkan tapi suka tidak tenang apakah aman atau tidak. Jadi tipsnya bisa langsung dipraktekkan. Makasi

    Datang yuk ke ecommerce indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *