Skema Rangkaian Pemancar TV | TV Transmitter

Skema Pemancar TV Analog sederhana
Skema Pemancar TV Analog

Skema rangkaian diatas merupakan Pemancar TV Analog ( Analogue TV Transmitter ) dengan modulasi suaranya melalui jalur FM pada frekuensi 5.5 MHz dan transmisi Videonya menggunakan system PAL (Phase Alternating Line). Frekuensi bisa diubah – ubah melalui kondensator C5 dengan skala frekuensi antara 54 – 216 Mhz seperti terlihat pada skema rangkaian Pemancar TV  diatas. Rangkaian ini sangat cocok digunakan pada Negara –negara yang menggunakan system TV B dan G salah satunya adalah Negara kita tercinta Indonesia.

Sebagai catatan untuk input audio harus Mono, jika audio yang hendak Anda masukkan adalah stereo maka harus di convert dulu ke mono menggunakan Stereo to Mono adapter. Transistor Q1 bertindak sebagai oscillator dan sekaligus amplifier pembawa frekuensi tinggi yang di hasilkan oleh Trnasformator IF T1. T1 adalah transformator IF pembentuk frekuensi 5.5 Mhz yang bisa Anda temukan pada bekas TV lawas atau Radio FM.

Sinyal audio yang sudah termodulasi sekarang di teruskan pada transistor Q2 yang bertindak sebagai modulasi dan penguat frekuensi untuk kemudian dipancarkan ke udara.
Sinyal video haruslah komposit misalnya hanya berupa video saja dan tidak bercampur audio apapun. Resistor variable R7 berfungsi untuk menyesuaikan input sinyal video dan juga sebagai control level modulasi. Transistor Q2 mencampur sinyal video dan audio yang dimasukkan untuk menghasilkan sinyal video RF termodulasi.

Karena pemancar TV atau TV Transmitter ini menggunakan range gelombang antara 54 – 216 Mhz maka kawat yang berukuran pendek atau antenna teleskopik (Antenna bekas radio lawas) dapat digunakan sebagai antenna pemanar.

Syarat dan ketentuan : Skema pemancar TV seperti yang sudah dijelaskan diatas dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran Elektronika saja , untuk maksud dan tujuan lain Penulis sama sekali tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang terjadi

2 Comments

  1. Skema itu bukan pemancar tapi modulator av to rf

  2. Skema dari agustomank semua menyesatkat gk ada yg bs di pake uda transistornya jadul semua , tdk ada yg praktis , tdk cepat tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *