5 Kesalahan yang Harus Dihindari Oleh Setiap Pengguna Blog WordPress

Karena kemudahan dan kecepatanya untuk membuat konten halaman website, WordPress menjadi salah satu CMS yang cukup powerfull dan paling banyak digunakan oleh sebagian blogger di seluruh dunia.  Namun terkadang kita terlalu fokus terhadap konten halaman website saja sehingga cenderung untuk melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merusak bahkan berakibat fatal .

Dan berikut adalah lima kesalahan yang harus dihindari oleh setiap pengguna Wodpress agar memiliki sebuah blog yang sehat dan sukses:

1. Menggunakan Plugin dan Template Nulled (Bajakan)
Baik plugin maupun template bajakan tersebut sebenarnya tidaklah benar-benar gratis, pembuat sering kali sudah menyisipkan malicious code atau kode perusak  kedalam script aslinya seperti pengalihan pengunjung ke suatu situs lain, membuat backdor, spamming, dll.  Pada kondisi yang lebih fatal, malicious code tersebut bisa digunakan oleh penyerang untuk menguasai website atau blog anda.

Namun jika Anda sudah terlanjur menginstal Template atau Plugin Nulled, maka Anda bisa menggunakan plugin Theme Authenticity Checker untuk mengecek plugin atau templatedari potensi tersusupi oleh malicious atau kode-kode yang tidak diinginkan.

2. Menghiraukan Backup Secara Rutin
Kita sering kali mengabaikan pentingnya backup hingga website mulai down.  Satu entri saja yang rusak bisa menyebabkan seluruh database menjadi rusak. Itulah mengapa, tidak peduli seberapa situs anda, Anda harus selalu ingat untuk membuat backup file dan database secara rutin.

3. Menghiraukan Update
Dengan semakin tumbuhnya website atau blog , mungkin saja anda bisa lupa untuk melakukan update file wordpress anda. salah satu pentingnya melakukan update adalah untuk memperbaiki celah kemanan yang ada pada aplikasi sebelumnya, kecuali jika Anda ingin membuka pintu gerbang untuk para Hacker. Anda harus melakukan update segera mungkin setelah update tersedia.

4. Tidak Menggunakan Cache Plugin
Kecepatan halaman adalah salah satu bagian penting dari SEO saat ini. Untuk CMS yang berdasarkan database seperti wordpresss, cache plugin adalah suatu keharusan karena akan mengurangi server overhead dan meningkatkan kecepatan website anda. selain itu, cache plugin juga bisa menyelamatkan website anda dari traffic yang tiba-tiba melonjak dengan mengurangi penggunaan sumber daya secara keseluruhan.
Untuk meningkatkan kecepatan website anda, anda bisa menginstal salah plugin cache wordpress gratis seperti W3 Total cache atau WP Super Cache. Jika memungkinkan, selalu gunakan CDN (Content Delivery Network) seperti MaxCDn atau Cloudflare (gratis) bersamaan dengan plugin cache, karena hal ini akan meningkatkan kecepatan website anda bahkan lebih.

5. Terlalu banyak  Category dan Tag
WordPress memang membuatnya sangat mudah untuk mengkategorikan dan membuat Tag terhadap post yang dibuat menggunakan fitur kategori dan tag. Sebagian besar pengguna tidak memahami perbedaan antara kategori dan tag sehingga menggunakannya secara bergantian. Seiring waktu, hal ini akan mengacaukan database dan membuat website anda sangat sulit untuk di maintain selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *