Mengatasi Knalpot Berasap Pada Sepeda Motor 4 Tak

Sepeda motor 4 tak knalpotnya berasap padahal telah dua kali diperbaiki bengkel. Ring piston dan pistonya telah diganti tetapi masih saja berasap. Silindernya juga telah di over size 50 namun masih saja berasap bahkan suaranya menjadi kasar. Apa penyebabnya knalpot berasap?, dan jika piston telah di over size apakah bisa distandarkan lagi?.

knalpot motor

Penyebab knalpot mesin 4 tak sepeda motor berasap adalah karena oli ikut terbakar atau karena campuranya terlalu gemuk. Biasanya jika oli ikut terbakar asap gas buang berwarna putih. Penyebab oli ikut terbakar adalah adanya keausan pada dinding silinder atau ring piston. Tetapi dapat juga disebabkan oleh keausan busing katupnya sehingga oli masuk ke ruang bakar. Jika silindernya aus cara mengatasinya harus di over size. Penggantian ring piston dan pistonya saja tidak menyelesaikan masalah. Diameter silinder harus di over size, yaitu diperluas dengan ukuran tertentu menyesuaikan dengan diameter piston yang ada di pasaran. Tentu saja setelah silinder di over size tidak dapat di standarkan lagi kecuali dengan cara disok yaitu diberi silinder baru yang disisipkan ke lubang silinder lama.

Jika silinder telah diover size dan piston serta ringnya telah disesuaikan tetapi gas buang tetap berasap putih kemungkinan penyebabnya adalah pemasangan ringnya tidak benar mungkin terbalik atau celahnya tidak tepat.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *